Selain Lapifed DM, Ini Cara Atasi Batuk Pilek

Batuk dan pilek, meskipun Anda beristirahat di rumah, tetap menjadi suatu hal yang sangat tidak nyaman. Kombinasi antara hidung tersumbat, tubuh menggigil, nyeri tubuh, dapat membuat Anda cukup menderita meskipun sedang beristirahat. Selain menggunakan Lapifed DM untuk mengurangi gejala hidung tersumbat dan alergi yang disertai batuk, ada beberapa home remedies atau perawatan alami alternatif yang bisa Anda gunakan untuk meringankan gejala flu dan pilek.

Akan tetapi, apabila Anda masih merasa sakit setelah beberapa hari mendapatkan perawatan Lapifed DM, atau malah gejala yang dirasakan bertambah parah, ada baiknya untuk mengunjungi dokter guna mendapatkan pemeriksaan, diagnosis, dan perawatan yang tepat. Hal ini khususnya penting untuk dilakukan apabila Anda memiliki beberapa gejala parah, seperti detak jantung yang cepat, kesulitan bernapas, dan merasa ingin pingsan. Jika gejala yang dirasakan bersifat ringan, beberapa perawatan selain Lapifed DM yang bisa Anda coba di antaranya adalah:

  • Sup ayam. Sup ayam mungkin bukanlah obat penyakit. Namun, mengonumsi sup ayam hangat dapat menjadi pilihan tepat saat sakit. Penelitian menyatakan konsumsi sup ayam mampu memperlambat pergerakan neutrophils di tubuh Anda. Neutrophils adalah jenis sel darah putih yang umum dijumpai. Neutrophils membantu melindungi tubuh dari infeksi. Pada saat neutrophils bergerak dengan perlahan, sel darah putih ini tetap terkonsentrasi di daerah di mana tubuh paling membutuhkannya untuk pemulihan. Penelitian menunjukkan sup ayam efektif dalam mengurangi gejala infeksi pernapasan atas. Sup rendah garam juga membawa nilai nutrisi yang baik dan membantu Anda untuk tetap terhidrasi. 
  • Jahe. Manfaat kesehatan akar jahe telah diketahui selama berabad-abad. Namun sekarang kita semua sudah memiliki bukti ilmiah seputar sifat penyembuh yang dimiliki oleh jahe. Beberapa potong jahe segar yang direbus dalam air dapat membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan. Penelitian menyatakan bahwa jahe juga dapat mengatasi rasa mual yang sering muncul saat Anda menderita batuk pilek dan flu. 
  • Madu. Madu memiliki berbagia sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu yang dicampur dengan teh dan lemon dapat meredakan nyeri tenggorokan. Penelitian juga menyatakan bahwa madu merupakan supresan batuk. Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi tingkat keparahan gejala batuk mereka. Anak-anak dapat tidur dengan lebih lelap, yang mana juga membantu mengurangi gejala demam. Anda tidak boleh memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena madu sering mengandung spora botulinum. Meskipun tidak berbahaya bagi orang dewasa dan anak yang sudah cukup usia, sistem kekabalan bayi di bawah usia 1 tahun masih belum mampu melawan spora tersebut. 
  • Bawang. Bawang mengandung senyawa allicin, yang mana memiliki sifat antimicrobial. Menambahkan suplemen bawang ke dalam diet dapat mengurangi tingkat keparahan batuk dan pilek. Menurut beberapa penelitian, bawang dapat membantu Anda terhindar dari batuk dan pilek. Penelitian tambahan perlu dilakukan guna melihat potensi manfaat pelawan batuk dan pilek dari bawang. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat batuk dan pilek. Selain menggunakan obat OTC seperti Lapifed DM, home remedies yang disebutkan di atas juga dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan. Jika Anda ingin terhindar dari sakit, cobalah untuk selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makan makanan bergizi seimbang dan kaya nutrisi, berolahraga dengan rutin, dan mendapatkan cukup istirahat adalah kunci untuk memiliki sistem kekebalan tubuh kuat yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *