Mengenal Gangguan Bipolar Pada Anak Beserta Penyebabnya

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang cukup ekstrim. Hal ini dinilai sangat mungkin dialami oleh anak-anak hingga remaja dewasa. Pada gangguan bipolar, anak akan mengalami beberapa fase mood yang sering disebut sebagai episode. Episode pada gangguan bipolar terbagi menjadi tiga yaitu mania (naik), depresi (turun), dan episode gangguan keduanya.

Sebenarnya, perubahan emosi serta perilaku anak yang cepat berubah tersebut bukan tanda-tanda masalah kesehatan mental serius yang memerlukan  perawatan khusus.  Sebab, anak pasti akan mengalami masa-masa adaptasi yang sulit untuk mengontrol emosi mereka mulai dari merasa sedih, lebih mudah tersinggung, hiperaktif, pemberontak, hingga marah. Hal yang harus orangtua  khawatirkan adalah saat keluhan ini terjadi terus menerus bahkan berkelanjutan. Jika beberapa hal berikut kerap ditunjukan oleh perilaku anak sebaiknya Anda berhati-hati dan terus mengawasi anak karena bisa jadi anak terkena gangguan bipolar.

Perilaku anak saat Episode mania (naik):

  1. Sangat gembira dan menunjukkan perilaku seperti bukan dirinya ataupun anak seusianya.
  2. Energic dan selalu bersemangat melakukan aktivitas. (Contohnya anak selalu bermain game tanpa henti, memainkan handphone setiap saat)
  3. Berperilaku hiperaktif, impulsif, dan lebih agresif dari biasanya.
  4. Terlalu bahagia ketika merasakan perasaan yang membuatnya senang hingga sulit dikendalikan.
  5. Kesulitan untuk fokus. 

Perilaku anak saat Episode depresi (turun):

  1. Perubahan suasana hati yang ekstrem dari biasanya.
  2. Kerap melakukan hal-hal beresiko dan spontan yang tidak memikirkan keselamatan diri. (Contoh pada remaja: melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan, penyalahgunaan alkohol atau narkoba).
  3. Insomnia atau perubahan kebutuhan tidur yang signifikan.
  4. Mudah tersinggung akibat suasana hati yang tidak menentu.
  5. Memiliki pandangan berlebihan tentang kemampuan diri sendiri (merasa putus asa terhadap diri, sedih berlebihan, pesimis).
  6. Memiliki keinginan melukai diri sendiri bahkan mengakhiri hidupnya sendiri.

Lalu apa sebenarnya penyebab anak bisa mengalami gangguan bipolar?

Hingga kini belum diketahui apa sebenarnya yang menjadi penyebab pasti gangguan bipolar bisa terjadi pada anak. Namun beberapa hal berikut dinilai cukup berpengaruh:

  • Ketidakseimbangan neurotransmitter pada otak

Didalam otak terdapat senyawa neurotransmitter yang dapat mengendalikan aktivitas otak seperti pengendalian emosi serta perilaku. Saat senyawa ini berkurang, bisa jadi otak jadi kurang bisa mengendalikan emosi dan perilaku sebagaimana mestinya.

  • Genetik

Dapat dikatakan gangguan bipolar lebih sering terjadi pada anak yang memiliki kerabat dekat seperti saudara kandung yang memiliki kondisi yang sama. 

  • Traumatis

Trauma berat juga dinilai dapat mempengaruhi kondisi ini terjadi pada anak. Kekerasan fisik, pola asuh orang tua yang salah, kematian orang yang disayangi, hingga bullying adalah beberapa contoh hal yang mampu menyebabkan anak trauma.

Anak yang mengalami gangguan bipolar akan mengalami masa sulit selama beberapa saat  namun setelahnya anak kembali berperilaku normal seperti biasanya. Gejala yang telah disebutkan gejala. Tak hanya itu, anak dengan gangguan bipolar juga dapat menyebabkan anak bisa terkena attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD), gangguan perilaku, gangguan kecemasan, hingga depresi berat. Jika anak mengalami hal-hal tersebut sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan masalah tersebut dengan penyedia kesehatan mental yang berspesialisasi dalam menangani anak-anak dan remaja. Sebab jika tak segera diatasi, gangguan bipolar bisa menyebabkan kesulitan besar bagi anak. Perawatan yang lebih dini setidaknya dapat membantu dan mencegah kondisi yang lebih serius dapat terjadi pada anak. 

Salah satu Klinik yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk perawatan anak dengan gangguan bipolar adalah Klinik Talenta Centre. Klinik di Bekasi ini memiliki memiliki layanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh psikiater umum untuk memberikan layanan kesehatan jiwa secara holistik dan terpadu berbasis teknologi yang mampu menangani berbagai masalah kejiwaan pada anak seperti gangguan bipolar. Tak hanya itu, Klinik Talenta Centre juga mampu mengatasi masalah Depresi, Cemas, Panik, Skizofrenia, Ketergantungan obat, Demensia, Kecanduan pornografi, Gangguan identitas, Konseling keluarga, Konseling perkawinan, Psikoterapi. 

Untuk memeriksakan keluhan yang dialami anak Anda bisa langsung datang ke Klinik Talenta Centre yang berlokasi di Jl. A. Yani, Ruko Sentra Niaga Kalimalang, Bekasi e atau melakukan reservasi di nomor (021) 88856183. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *