Komik Kid Atasi Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk adalah cara tubuh untuk melindungi paru-paru. Terkadang ketika Anda batuk, Anda bisa mengeluarkan dahak atau lendir. Saat hal ini terjadi, dokter akan menyebut batuk yang diderita batuk berdahak atau batuk produktif. Saat hal ini terjadi pada anak, suara batuk yang ditimbulkan mungkin terdengar menakutkan dan mengkhawatirkan. Namun umumnya hal ini merupakan kondisi yang cukup lazim dijumpai. Dalam kasus ringan, Komik Kid sudah cukup untuk mengatasi batuk berdahak pada anak. 

Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi atau kondisi kesehatan lainnya. Jika anak tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberi Komik Kid, konsultasi dengan dokter. Batuk yang terus menerus terjadi sering menjadi penyebab utama mengapa orang-orang mengunjungi dokter. Ada pula beberapa home remedies yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak yang disebabkan oleh kondisi yang berbeda. 

  • Demam. Virus menyebabkan demam. Anak Anda batuk karena tubuhnya berusaha untuk membersihkan lendir yang penuh kuman. Biasanya kondisi ini terjadi pada musim-musim yang dingin seperti musim penghujan. Namun anak bisa mendapatkannya kapan saja. Selain batuk, anak dapat menderita gejala lain saat demam, seperti hidung yang meler, nyeri tenggorokan, dan sering bersin. Selain menggunakan Komik Kid, perawatan untuk batuk akibat demam meliputi mendapatkan cukup istirahat dan minum banyak air. Anak akan merasa baikan setelah 7 hingga 10 hari. Namun, apabila demam yang diderita anak tidak kunjung sembuh meskipun sudah mendapatkan perawatan Komik Kid dan perawatan lainnya, hubungi dokter segera. 
  • Flu. Batuk yang ditemani dengan gejala lain seperti nyeri tubuh dapat menjadi sebuah tanda adanya penyakit yang lebih serius. Flu, yang disebabkan oleh virus influenza, dapat memiliki gejala yang mirip dengan demam. Namun biasanya anak akan merasa lebih buruk ketika memiliki flu, dengan gejala lain meliputi demam, tuuh menggigil, nyeri otot, dan rasa lelah yang teramat sangat. Perawatan untuk flu dapat melibatkan penggunaan obat yang dapat bekerja mengatasi virus. Obat over-the-counter dapat membantu meredakan gejala yang diderita. Hubungi dokter apabila batuk dan demam berubah menjadi lebih parah, terutama apabila Anda kesulitan dalam bernapas. Salah satu cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan mendapatkan vaksin tahunan. 
  • Bronchitis akut. Kondisi ini biasanya akan bertahan selama kurang lebih 3 minggu. Kondisi ini menyebabkan anak batuk karena saluran udara di paru-paru bengkak dan membuat banyak lendir atau dahak. Peradangan jenis ini biasanya kana muncul setelah infeksi virus, namun bakteri juga dapat menyebabkan bronchitis. Anak dapat memiliki gejala lain seperti rasa nyeri pada dada, nyeri tubuh dan kepala ringan, tubuh terasa lelah, dan nyeri tenggorokan. Perawatan untuk bronchitis akut melibatkan mendapatkan banyak cairan, beristirahat, dan menggunakan obat over-the-counter. 
  • Pneumonia. Infeksi paru, yang dikenal dengan istilah pneumonia, dapat membuat kantung udara terisi cairan dan nanah. Anak Anda dapat batuk dan mengeluarkan banyak lendir berwarna hijau atau kuning, dan terkadang dapat mengandung darah di dalamnya. Biasanya bakteri menyebabkan pneumonia. Namun infeksi virus dan jamur, seperti COVID-19 dan flu, juga dapat menyebabkan kondisi ini. 

Dalam kasus yang ringan, batuk anak dapat diatasi menggunakan obat over-the-counter seperti Komik Kid dan istirahat serta banyak cairan. Namun, tergantung apa yang menjadi penyebab batuk pada anak, perawatan yang berbeda dapat dibutuhkan. Jika batuk anak tidak kunjung sembuh setelah satu minggu, hubungi dokter secepatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *