Kenali Manfaat 4 Kandungan Dalam Obat Tidur Lelap

Obat tidur Lelap adalah salah satu jenis obat untuk meringankan gangguan tidur, seperti insomnia dan hipersomnia yang dialami seseorang. Gangguan tidur ini menyebabkan penderitanya sulit untuk terlelap sehingga terjaga sepanjang malam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh stres, cemas berlebih, jet lag, kebiasaan begadang, hingga kebiasaan buruk sebelum tidur.

Apabila dibiarkan terus-menerus, gangguan tidur ini tentu dapat mengganggu kesehatan. Namun, Anda dapat meringankan gangguan ini dengan mengonsumsi obat tidur Lelap yang mengandung 250 mg akar valerian, 115 mg biji pala, 100 mg akar eleuthero ginseng, dan 135 mg akar tanaman senega.

Ingin tahu lebih banyak apa saja manfaat bahan-bahan yang terkandung dalam obat tidur Lelap ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Akar Valerian

Akar valerian adalah salah satu tanaman herbal yang terdapat dalam obat tidur ini. Tanaman yang berasal dari benua Eropa dan Asia ini sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat. 

Bagian bunganya dapat diolah menjadi parfum. Sementara bagian akarnya sering digunakan untuk pengobatan tradisional, seperti :

  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Menenangkan pikiran dan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meredakan stres dan nyeri saat haid

Oleh karena itu, setelah mengonsumsi obat tidur Lelap ini Anda akan merasa pikiran dan tubuh jadi lebih tenang dan mengantuk. 

  1. Biji Pala

Biji pala biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan, tapi ternyata biji yang berasal dari tanaman pala (Myristica fragrans) ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah membantu mengatasi insomnia. Sebab, biji pala kaya akan kandungan magnesium yang dapat merilekskan saraf-saraf yang tegang.

Tak hanya itu, magnesium dalam biji pala ini juga dapat merangsang pelepasan hormon serotonin yang berfungsi untuk mengatur suasana hati sehingga menimbulkan perasaan yang lebih tenang. Perasaan yang lebih tenang ini akan membuat Anda lebih mudah untuk terlelap. 

    Selain mengatasi insomnia, biji pala juga memiliki manfaat lain, seperti :

  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengobati masalah bau mulut
  • Membantu mengatasi masalah kulit, seperti menghilangkan komedo, mengobati jerawat, dan pori-pori tersumbat
  • Mengurangi tekanan darah

Apabila Anda ingin merasakan manfaat biji pala ini dalam mengatasi insomnia selain dengan mengonsumsi obat tidur Lelap, Anda bisa mencampurkan secangkir susu hangat dengan sejumput biji pala yang sudah dihaluskan, lalu minum sebelum tidur dan rasakan tidur malam yang nyenyak. 

  1. Akar Eleuthero Ginseng

Kandungan selanjutnya yang terdapat dalam obat tidur lelap adalah akar eleuthero ginseng atau dikenal juga dengan nama ginseng Siberia. 

Meskipun tanaman ini memiliki nama ginseng, tapi tetap saja berbeda dengan ginseng Asia (Panax ginseng) dan Amerika (Panax quinquefolius) karena eleuthero ginseng atau ginseng Siberia ini tidak mengandung bahan aktif ginsenosida. Namun, tanaman ini juga dapat menghangatkan tubuh.

Adapun manfaat akar eleuthro ginseng yang terkandung dalam obat tidur Lelap, antara lain :

  • Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Meningkatkan tekanan darah rendah
  • Mengurangi osteoporosis

Dengan adanya kandungan akar eleuthero ginseng dalam obat tidur Lelap, tubuh terasa lebih segar saat bangun di pagi hari. 

  1. Akar Tanaman Senega

Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini sering digunakan untuk mengatasi bekas gigitan ular oleh orang-orang Seneca.

Dalam pengobatan herbal modern, akar tanaman senega ini  banyak digunakan sebagai campuran dalam obat batuk karena bersifat ekspektoran, artinya dapat mengencerkan dahak sehingga membuat proses sekresi lendir dari saluran pernapasan jadi lebih mudah.

Selain itu, obat ini digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan, seperti asma, bronkitis, menyembuhkan luka, dan menjaga daya tahan tubuh. 

Itulah beberapa manfaat kandungan yang terdapat dalam obat tidur Lelap. Apabila Anda memiliki alergi terhadap salah satu kandungan obat tersebut, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu pada dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *