Intip Manfaat dan Kegunaan Vosea Sirup Berikut Ini

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan Vosea sirup, namun sebagian lainnya mungkin merasa asing dan bertanya-tanya tentang apa itu Vosea. Vosea merupakan obat yang termasuk kedalam golongan obat antiemetik. Golongan obat antiemetik adalah golongan obat yang dikonsumsi untuk mengatasi dan mengurangi efek mual yang disebabkan oleh berbagai hal seperti akibat mabuk perjalanan, efek kehamilan, efek pasca operasi atau perawatan yang menggunakan radiasi seperti kemoterapi dan mual yang dikarenakan efek lainnya.

Obat Vosea sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yaitu Vosea sirup dan Vosea tablet. Sebenarnya secara kegunaan, Vosea tablet dan Vosea sirup tidak berbeda. Perbedaan hanya terdapat pada bentuk dan dosis kandungan obatnya saja. Vosea tablet 10 mg mengandung 10 ml Metoclopramide. Sedangkan pada Vosea sirup, 5 ml kandungan Vosea mengandung 5 mg Metoclopramide dan biasanya di pack dalam 1 botol dengan kapasitas 30 – 50 ml.

Vosea sirup adalah obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan

Secara umum, Vosea sirup berguna untuk mengatasi dan mengurangi refluks atau yang sering kita kenal sebagai mual, dengan cara merangsang otot – otot pencernaan untuk meningkatkan aktivitasnya sehingga mampu mendorong makanan lebih cepat menuju ke usus dari lambung. Hal ini akan berefek membuat rasa mual menjadi berkurang.

Sebelum mengonsumsi Vosea sirup, ada beberapa aturan dan informasi yang harus Anda ketahui seperti kandungan obat, kegunaan dan manfaatnya, efek samping dan informasi lainnya.  

Kandungan atau Komposisi dari Vosea Sirup

Sebelum mengkonsumsi Vosea Sirup, Anda perlu tahu bahwa Setiap 5 ml Vosea sirup mengandung 5 mg zat Metoclopramide HCl.

Indikasi, Manfaat atau Kegunaan dari Vosea Sirup

Diatas sudah sedikit disinggung bahwa Vosea sirup dapat mengobati atau meringankan penyakit gastroparesis akut yang dapat kambuh kapan saja, menetralkan efek panas akibat refluks esofagitis, mengurangi gejala muntah metabolik karena efek reaksi obat, radiasi atau pasca operasi.

Efek Samping Vosea Sirup

Mengonsumsi Vosea sirup memiliki beberapa efek samping yang harus Anda waspadai. Beberapa efek samping yang akan ditimbulkan dari Vosea sirup antara lain:

  • Mengantuk
  • Lelah, lesu dan gelisah
  • Konstipasi atau kesulitan dalam BAB
  • Diare
  • Mulut kering
  • Pembengkakan pada lidah 
  • Biduran atau urtikaria

Kontraindikasi

Selain efek samping, Anda juga harus tahu bahwa mengonsumsi Vosea sirup sebagai pengobatan juga memiliki kontraindikasi yang sebaiknya dihindari untuk mencegah efek samping yang mungkin dapat terjadi. Kontraindikasi Vosea sirup antara lain:

  • Pasien dengan riwayat hipersensitif komposisi dari vorsea
  • Pasien dengan riwayat penyakit tremor atau parkinson, pendarahan pada lambung dan riwayat sakit kejang (epilepsi)

Interaksi Obat

Selain kontraindikasi, Anda juga harus memperhatikan interaksi obat yang biasanya dapat terjadi saat penggunaan Vosea sirup. Interaksi obat tersebut antara lain:

  • Penghambat MAO atau Monoamine Oksidase
  • Antikolinergik dan analgesik narkotik
  • Parasetamol, etanol, siklosporin, digoksin, tetrasiklin dan levodopa.

Itulah manfaat dan kegunaan Vosea sirup serta beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum menggunakan obat ini. Vosea sirup merupakan obat yang memiliki efek samping, kontraindikasi dan interaksi obat. Agar Anda tetap aman dan terhindar dari efek samping obat, pastikan Anda mengonsumsi obat ini sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Perhatikan juga dosis aman penggunaannya, jangan sampai berlebihan yang menimbulkan efek tidak baik di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *