Hidung Sering Tersumbat? Ini 8 Penyebabnya

Apakah Anda sering merasa tiap kali bernapas terasa tidak melegakan, justru terasa sedikit sakit di bagian hidung? Bisa jadi Anda sedang merasakan gejala hidung tersumbat. Bagi sebagian orang, hidung sering tersumbat bahkan kerap menyambangi di berbagai waktu sehingga membuat aktivitas turut terganggu. 

Hidung tersumbat sendiri merupakan kondisi ketika pembuluh darah dan selaput lendir di bagian dalam hidung mengalami pembengkakan. Ini membuat aliran darah menjadi terhambat sehingga Anda merasakan gejala hidung tersumbat. Jika hidung sering tersumbat kerap Anda alami, cobalah untuk mencari penyebab dari kondisi tersebut guna bisa melakukan pencegahan untuk meminimalkan kekambuhannya. 

Hidung sering tersumbat tidak melulu menyangkut ada tidaknya infeksi virus yang menyebabkan infeksi dan peradangan di saluran pernapasan Anda. Bisa jadi pula, hidung tersumbat yang sering Anda keluhkan bersumber dari hal-hal di bawah ini. 

Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, salah satunya menguap wajah.

Pilek atau Flu 

Kalau Anda sedang terinfeksi pilek atau flu, hampir bisa dipastikan Anda juga mengalami hidung tersumbat. Ini karena infeksi virus tersebut membuat saluran pernapasan atas menjadi meradang sekaligus membuat penumpukan lendir. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda merasa sulit bernapas lega. 

Sinusitis 

Sinusitis bisa mengakibatkan jaringan dalam hidung Anda mengalami peradangan dan akhirnya membengkak sehingga rongga hidung menyempit. Di sisi lain, masalah kesehatan yang satu ini juga meningkatkan produksi lendir. Tentunya lendir yang berlimpah ini menjadi sulit dikeluarkan karena rongga hidung menyempit akibat peradangan yang sudah terjadi. Hal inilah yang membuat pasien-pasien sinusitis akut khususnya mengeluhkan hidung sering tersumbat. 

Alergi 

Jika hidung sering tersumbat tiap kali Anda mengonsumsi sesuatu atau berada di suatu tempat, waspadai bahwa itu adalah gejala alergi. Soalnya ketika Anda mengalami alergi, produksi lendir dalam rongga hidung otomatis meningkat yang pada akhirnya membuat Anda merasakan ada hambatan ketika bernapas. 

Ruangan Berpendingin Udara 

Berdiam sepanjang hari di ruangan berpendingin udara akan membuat seseorang mudah mengalami hidung sering tersumbat. Soalnya, udara dingin identik dengan kondisi kelembapan udara yang rendah atau cenderung kering sehingga memicu peradangan di rongga hidung. Untuk menghindari kondisi tersebut, Anda bisa mencoba memasang humidifier agar kelembapan udara tetap terjaga, meski berada di ruangan dingin seharian sekalipun. 

Polip Hidung 

Polip hidung merupakan kondisi adanya pertumbuhan daging lunak di rongga hidung Anda. Yang jika dibiarkan, pertumbuhannya dapat makin membesar dari waktu ke waktu. Adanya daging lunak ini tentunya bisa menghambat aliran udara yang masuk dan keluar hidung sehingga Anda merasa tersumbat. Anda juga perlu hati-hati jika mengalami polip hidung sebab bukan hanya hidung sering tersumbat, daging lunak ini juga bisa menjadi indikasi pertumbuhan sel kanker atau tumor. 

Deviasi Septum Nasal 

Deviasi septum nasal merupakan kondisi ketika septum nasal Anda miring atau bengkok. Ini membuat saluran di salah satu hidung Anda menjadi lebih kecil. Ujung-ujungnya, kondisi ini akan membuat Anda mengalami hidung sering tersumbat hanya di salah satu lubang. 

Paparan Bahan Kimia 

Hidung sering tersumbat juga bisa menjadi indikasi adanya paparan bahan kimia yang menusuk hidung dan membuat peradangan. Anda yang bekerja di pabrik dan kerang berinteraksi dengan bahan-bahan kimia berbau menyengat akan lebih mudah mengalami masalah hidung sering tersumbat ini. 

Terlalu Sering Berbaring 

Jika mobilitas Anda kurang dan lebih sering berbaring, jangan menyesal jika Anda kerap mengalami hidung tersumbat. Soalnya, posisi tubuh yang berbaring membuat tubuh lebih sulit membersihkan lendir. Karena alasan ini pula, pasien-pasien penyakit kronis yang diharuskan banyak istirahat di tempat tidur akan mudah mengalami hidung sering tersumbat. 

Jika frekuensi hidung sering tersumbat Anda terlalu banyak, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengecek penyebab dan mendapatkan solusi penanganan. Namun pada tahap awal, Anda bisa mengatasi hidung tersumbat dengan lebih banyak minum, melakukan terapi uap, ataupun mandi air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *