Gunakan Vicks Vaporub untuk Mendapatkan Manfaat Obat Gosok

Balsem gosok memang sudah menjadi obat yang pasti ada di rumah. Balsem biasanya digunakan untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan ringan, seperti pilek, batuk, tenggorokan gatal, mual, sakit perut, pegal linu, hingga sakit kepala. Ada beragam merek obat gosok yang ada di pasaran, seperti Vicks Vaporub, Geliga, Balpirik, dan masih banyak lagi. 

Balsem atau disebut dengan vapour rub ini punya beragam manfaat. Tak heran, sebab kandungannya merupakan campuran dari berbagai bahan yang baik untuk kesehatan, seperti menthol, camphor, minyak daun cedar, minyak eukaliptus, thymol, dan minyak nutmeg.

Mengenal Berbagai Manfaat Balsem

  1. Meredakan nyeri setelah berolahraga

Bagi Anda yang suka berolahraga, Anda bisa menggunakan balsem untuk mengurangi nyeri dan pegal usai workout. 

Untuk mengatasinya, bisa dengan menggunakan balsem, cukup dengan mengoleskan di area yang terasa pegal. Oleskan balsem sambil dipijat ringan di tempat yang terasa sakit. Anda bisa melakukan hal ini di pagi hari atau sebelum tidur untuk mendapatkan rasa nyaman. 

  1. Meredakan batuk

Mengoleskan batuk sebelum tidur juga bisa melegakan pernapasan dan juga meredakan batuk. Anda bisa mengoleskan obat gosok di area hidung dan leher, serta di seluruh kaki dan telapak kaki, lalu bungkus dengan kaos kaki.

Hal ini bisa membuat frekuensi batuk Anda jadi berkurang dan bisa tidur dengan nyenyak setelahnya. 

  1. Melembapkan tangan dan kaki

Ternyata Anda bisa mengganti krim tangan dengan balsem, lho. Hal ini karena dalam balsem terkandung minyak dan pelembap yang bisa membantu menghaluskan kulit. Anda bisa mengoleskan di kaki dan juga tangan sebelum tidur. Balsem juga bisa membantu mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah.

  1. Merawat jamur di jari kaki

Jari kaki memang area yang sering tertutup sehingga rentan terkena jamur di jari maupun di pinggiran kukunya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan balsem. Selain untuk mengurangi pertumbuhan jamur di kulit, balsem juga bisa menyembuhkan infeksi jamur di kuku kaki. Caranya bisa dengan menggosokkan balsem tipis di bawah jari kaki dan kulit area kuku, setidaknya sehari dua kali. Oleskan di pagi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Mengusir nyamuk

Selain menggunakan obat semprot pembasmi nyamuk, Anda juga bisa menggunakan balsem untuk mengusir nyamuk. Anda cukup mengoleskan balsem di berbagai area tubuh yang tidak tertutup pakaian, seperti leher, tangan, kaki, dan lainnya. 

Aroma balsem yang menyengat tidak disukai nyamuk, seperti menthol. Aroma menthol yang menyelimuti tubuh membuat serangga penghisap darah tak berani mendekat. 

Balsem atau obat gosok juga bisa meringankan rasa gatal dan bentol karena gigitan nyamuk maupun serangga.

  1. Meredakan sakit kepala

Vapour rub juga bisa mengatasi rasa sakit kepala dengan mengoleskannya di pelipis kepala. Hal ini akan memberikan rasa hangat yang akan melonggarkan pembuluh darah. 

Aroma segar dan hangat dari balsem akan terkirim ke sistem saraf pusat, sehingga bisa meredakan rasa nyeri di kepala.

  1. Memecah darah di area kulit yang memar

Balsem gosok membantu memecah darah di area kulit yang mengalami memar. Anda cukup mencampur balsem dan menggosoknya di area kulit yang memar. 

Campuran ini merupakan antiseptik untuk mengobati luka di kulit yang terkelupas. Setelah itu, kulit akan menjadi lunak dan mudah dibuang bagian yang mengelupas.

Gunakan Vicks Vaporub untuk Mendapatkan Manfaat Obat Gosok

Jika Anda mencari obat gosok atau balsem terbaik, salah satu pilihannya adalah Vicks Vaporub. Obat gosok ini sudah bersertifikat halal dan bisa. meredakan gejala batuk, pilek akibat flu, dan juga melegakan pernapasan.

Vicks Vaporub mengandung berbagai zat aktif seperti camphor, mentol, dan minyak eukaliptus. Berbagai kandungan ini efektif meredakan batuk, hidung tersumbat, dan pilek. Anda bisa mengoleskan Vicks Vaporub di area leher, punggung, dan juga dada agar mendapatkan efek hangat.

Selain itu, Vicks Vaporub ini juga berguna mengatasi nyeri sendi dan otot karena cedera setelah berolahraga. Oleskan di area yang terasa nyeri sambil dipijat secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *