Cara Tes Kolesterol di Klinik Prodia Medan

Kolesterol tinggi yang tidak terdeteksi bisa sebabkan komplikasi lho. Jika belum pernah melakukan tes kolesterol, coba deh datang ke klinik Prodia Medan.

Kamu dapat melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui kadar kolesterol baik dan jahat di tubuh kamu.

Mendeteksi kadar kolesterol di dalam darah sejak dini bisa membantu kamu mengantisipasi berbagai komplikasi medis di masa depan. Pelajari bagaimana cara cek kolesterol di klinik Prodia Medan pada ulasan di bawah ini

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat yang ditemukan secara alami di dalam darah akmu. Tubuh menggunakan kolesterol untuk banyak tugas penting seperti memproduksi hormon dan mencerna makanan berlemak.

Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, mereka akan menumpuk di pembuluh darah dan menyulitkan darah untuk mengalir. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Saat melakukan tes kolesterol, umumnya ada 4 jenis kolesterol yang akan diukur, yaitu:

  • Kolesterol total
  • LDL (Kolesterol jahat)
  • HDL (Kolesterol baik)
  • Trigliserida

Siapa yang wajib melakukan tes kolesterol?

Pada umumnya, semua orang sangat disarankan untuk mengetahui apakah kolesterol di dalam tubuhnya normal. Kamu disarankan melakukan tes kolesterol antara usia 9 dan 11 tahun.

Kemudian mengulanginya setiap lima tahun sekali setelah itu. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kamu mungkin harus melakukan tes kolesterol lebih sering.

Berikut beberapa faktor risiko kolesterol tinggi yang harus kamu perhatikan:

  • Memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi
  • Kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • Tidak aktif secara fisik
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Merokok

Jika kamu sedang menjalani pengobatan untuk kolesterol tinggi, maka kamu juga memerlukan tes kolesterol secara teratur untuk memantau efektivitas pengobatan.

Cara cek kolesterol

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, petugas medis akan melakukan tes darah yang disebut profil lipid.

Ada 2 cara untuk mendapatkan sampel darah untuk pengujian ini, di antaranya:

1. Mengambil darah dari lengan

Metode pengambilan sampel yang pertama adalah mengambil darah dari lengan menggunakan jarum.

Setelah proses ini, darah sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk pengecekan. Hasilnya biasanya akan muncul dalam beberapa hari.

Pada beberapa kesempatan, kamu biasanya diminta untuk puasa atau tidak makan apapun setidaknya 12 jam sebelum tes.

2. Tes tusuk jari

Selain pengambilan sampel darah dari lengan, metode yang lain adalah dengan tusuk jari. Petugas akan menusuk jari dengan jarum steril.

Setelah itu setetes darah sampel akan diletakkan pada kertas tes khusus dan dimasukkan ke dalam mesin khusus untuk mengecek kadar kolesterol.

Alat ini biasanya berbentuk portable dan dapat dibeli di berbagai toko kesehatan. Hasilnya juga cukup cepat hanya beberapa menit.

Namun, untuk keakuratan data, pemeriksaan lab seperti tes di Klinik Prodia Medan lebih direkomendasikan.

Bagaimana jika dinyatakan kolesterol tinggi?

Apabila kamu dinyatakan kolesterol tinggi, maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk membuat strategi mengelola kondisi tersebut.

Seperti dengan mengubah pola makan, pola hidup, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dari tes ini, dokter mungkin juga dapat mengetahui risiko kamu mengalami serangan jantung atau stroke dalam 10 tahun ke depan.

Segera cek kadar kolesterol kamu di fasilitas lab terbaik seperti klinik Prodia Medan sekarang. Menurunkan kolesterol dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *