Cara dan Obat Asma Alami agar Tidak Mudah Kambuh

Apa yang ada di pikiran Anda terkait obat asma? Bayangan inhaler biasanya akan langsung berseliwean di pikiran di mana alat penanganan ini memang kerap menjadi andalan untuk mengatasi gejala asma yang menerpa. Obat-obat oral berjenis kortikosteroid inhalasi pun kerap muncul di ingatan karena sering diresepkan oleh dokter. 

Namun tahukah Anda, gejala asma juga dapat dikontrol dengan cara-cara yang lebih natural? Berbagai terapi maupun obat asma alami bisa menjadi andalan Anda untuk mendukung obat medis lainnya agar gejala asma tidak sering muncul, bahkan untuk mengurangi gejala jika serangan asma menyerang. 

Berikut ini adalah berbagai cara dan obat asma alami yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengendalikan penyakit asma yang Anda idap. Anda akan menyadari bahwa banyak hal-hal tidak terduga yang nyatanya bisa menjadi alat kontrol untuk saluran pernapasan Anda agar tidak mudah meradang dan menimbulkan gejala asma yang menyulitkan. 

Latihan Teknik Pernapasan 

Penderita asma kerap direkomendasikan untuk sering-sering melakukan teknik pernapasan. Ada dua jenis teknik pernapasan yang biasanya disarankan sebagia cara natural mengendalikan asma, yaitu teknik pernapasan Buteyko dan metode Papworth. Buteyko merupakan teknik pernapasna yang memusatkan embusan udara dari hidung, bukan mulut, agar pernapasan menjadi lebih lamban dan lembut. Sementara itu, Papworth merupakan metode pernapasan yang melibatkan hidung dan diafragma agar pola pernapasan berkembang. 

Akupunktur Bisa Jadi Opsi 

Tentu sudah tidak asing mengenai jenis pengobatan China kuno yang satu ini? Dengan melakukan akunpunkt di mana sejumlah jarum kecil akan ditusukkan ke titik-titik tertentu tubuh Anda, gejala asma Anda dapat membaik. Ini karena tusukan jarum kecil tersebut mampu meningkatkan aliran udara di saluran pernapasan sehingga menghindarkan Anda dari masalah nyeri dada sampai sesak napas. 

Gunakan Obat Asma Alami 

Obat asma alami nyatanya bisa berasal dari dapur dan kulkas Anda! Banyak jenis herbal yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti peradangan, contohnya bawang merah, bawang putih, kunyit, maupun jahe. Anda bisa mencoba herbal-herbal tersebut sebagai obat asma alami yang minim efek samping dan sudah cukup terbukti keampuhannya membuat serangan asma jarang kumat. 

Selektif Konsumsi Makanan 

Beberapa gejala asma sering kambuh karena dipicu oleh penyebab alergi, tidak terkecuali dari makanan yang Anda konsumsi. Cobalah untuk memperhatikan reaksi tubuh setiap kali memakan sesuatu. Kalaupun Anda sudah mengetahui ada alergi makanan tertentu, sebaiknya tidak nekat mengonsumsinya dan bertaruh akan gejala asma Anda yang kembali kumat. 

Coba Gerakan Yoga 

Yoga disebut-sebut sebagai salah satu jenis olahraga dengan manfaat tinggi, khususnya untuk mengatasi masalah pernapasan, tidak terkecuali asma. Soalnya, gerakan yoga umumnya menggabungkan latihan peregangan dan pernapasan. Teknik pernapasan pada yogalah yang bisa sangat efektif mengurangi frekuensi serangan asma. Ditambah lagi, gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda yang secara tidak langsung mencegah Anda mengalami flu dan pilek yang kerap menjadi awal dari kumatnya asma Anda. 

Mulai Lakukan Tai Chi 

Olahraga lain yang disarankan dilakukan untuk mengurangi frekuensi serangan asma adalah tai chi. Seni bela diri dengan gerakan lambat ini diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang mengidap penyakit kronis, tidak terkecuali penyakit asma. Dalam sebuah penelitian terhadpa anak-anak bahkan ditemukan fakta, melakukan tai chi secara teratur setidaknya selama 12 minggu bisa memperbaiki fungsi paru-paru sekaligus meredakan peradangan di saluran pernapasan. 

Pertimbangkan Hipnoterapi 

Cobalah mempertimbangkan unruk melakukan hipnoterapi sebagai obat asma alami. Dengan melakukan terapi ini, seseorang akan merasa lebih rileks, sekaligus mampu merelaksasi otot-otot, tidak terkecuali yang berada di sekitar saluran pernapasan Anda. Hal inilah yang berimbas baik untuk mengatasi gejala asma berat sekalipun, seperti sesak napas. 

Obat asma alami maupun cara natural lainnya dalam mengatasi asma bersifat preventif guna mencegah atau mengurangi serangan asma datang. Namun jika serangan asma sudah telanjur tiba, penggunaan inhaler maupun obat-obat medis lain mau tak mau mesti Anda konsumsi sebagai penolong utama! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *