Manfaat Bayi Berenang untuk Kesehatan dan Perkembangan Tubuhnya

Meski belum cukup umur untuk diajak berjalan, bayi berenang justru bisa meningkatkan perkembangan tubuhnya. Ada beberapa manfaat saat bayi berenang di dalam air. Berada di dalam air, justru membuat tubuh bayi Anda bisa menendang, meluncur, dan memukul air.

Akan tetapi, lebih baik Anda tetap menjaga bayi saat renang apalagi di kolam atau danau yang mengandung klorin sampai mereka sudah berusia 6 bulan. Hal ini juga terkait karena sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah.

Berikut beberapa manfaat bayi berenang di dalam air.

1. Berenang Meningkatkan Fungsi Kognitif Bayi

Saat beraktivitas di dalam air, maka dia akan melakukan gerakan seperti berpola silang yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan aktivitas tertentu. Selain itu, berenang juga bisa membantu perkembangan otak bayi. Gerakan pola silang saat berenang dapat membangung neuron di seluruh otak terutama di corpus callosum. Selanjutnya hal ini akan memudahkan bayi untuk ke perkembangan selanjutnya, dan memudahkannya untuk membaca, mendukung perkembangan bahasa, kesadaran spasial dan pembelajaran akademik.

2. Berenang Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Sebagian besar kelas bayi dapat mencakup unsur-unsur seperti permainan air, lagu, dan pembelajaran dari pengasuh. Saat bayi berenang, mereka akan berinteraksi satu sama lain dan bersama instruktur. Tak hanya itu, bayi juga dapat belajar beraktivitas dalam kelompok. Saat berkegiatan secara berkelompok, bayi Anda dapat mempelajari keterampilan baru, yaitu dapat meningkatkan kepercayaan diri bayi. Kebiasaan berinteraksi dalam kelompok ini di masa depan akan membantu bayi untuk mampu mengendalikan diri, memiliki keinginan untuk sukses, lebih percaya diri, dan lebih nyaman saat harus berbaur dengan banyak orang.

3. Membangun Otot

Saat berenang, maka hal ini akan meningkatkan perkembangan dan kontrol otot yang penting pada bayi di usia muda. Bayi perlu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan lengan dan kaki, dan melatih inti tubuh mereka agar bisa berkoordinasi dengan bagian tubuh lainnya.

Tak hanya itu, saat berenang, hal tersebut tidak hanya meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot mereka, serta memberikan manfaat internal dengan menggerakkan sendi-sendi tersebut. Renang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan untuk membantu memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah bayi.

4. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Ketika bayi dilatih renang di air juga bermanfaat untuk membantu pembentukan otot bayi. Tak hanya itu, berenang juga bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangannya. Tidak mudah bagi bayi untuk belajar menggerakkan tangan dan kaki bersama-sama.

5. Memperbaiki Pola Tidur

Olahraga renang membutuhkan banyak energi. Saat mereka berada di lingkungan baru, mereka akan menggunakan tubuh mereka dengan cara yang benar-benar baru, dan mereka bisa bekerja ekstra keras untuk tetap membuat tubuh hangat. Semua aktivitas tersebut dapat menghabiskan banyak energi bayi. Oleh karena itu, bayi dapat mudah mengantuk usai berenang. 

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Aktivitas di kolam renang membuat bayi mudah lapar karena sangat menguras energinya. Tak hanya itu, energi yang dimiliki oleh bayi juga dibutuhkan untuk membuat tubuh kecilnya tetap hangat dan tubuhnya juga membakar banyak kalori. Oleh karena itu, jika bayi berenang secara rutin, maka Anda akan melihatnya mengalami peningkatan nafsu makan secara teratur.

Bayi berenang di dalam air bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Selama Anda melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan, maka hal itu sudah cukup untuk membuat bayi Anda tetap aman. Manfaat lain dari bayi berenang adalah mempererat pengalaman ikatan orang tua dan anak yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *